Pen Per Kopling Otomatis Lemah? Kanibal Per Korek Api
Motor susah hidup saat tombol motor starter atau, salah satu sebabnya
adalah tidak maksimalnya poros kruk-as dipelintir. Sehingga terjadi
gejala selip dan susah diajak berputar lebih cepat.
Inti dari persoalan ini, biasanya efek kampas kopling sudah tipis (aus)
atau terjadi masalah pada kopling otomatis seperti terjadi di Yamaha
Vega R. Kebetulan part itu tepat berada di tengah lingkar dalam rumah
kopling sentrifugal.
“Kampas tipis kadang masih suka menyangkut. Kalau kopling otomatis, jika
salah satu pegas penekan pen sudah lemah, peranti ini tidak dapat
mengunci poros kruk-as agar dapat menggerakkan seher atau piston. Motor
pun susah menyala.
Untuk mengatasi masalah itu, biasanya part seperti ini harus ganti
semua. Tapi, kalau cuma satu pegas yang lemah, bisa juga diatasi pakai
per batu korek api yang punya diameter dan jarak ulir sama dengan
aslinya.
“Contoh paling dekat pegas penekan batu korek api model lama, atau yang
pakai kapas. Kalau per korek gas terlalu kecil diameternya. Punya pulpen
masih terlalu lemas daya tekannya,
Cara pasangnya sama seperti biasa. Cuma biar kerjanya rata, potong pegas
seukuran pegas yang masih tinggi atau pakai yang versi standar.
Semoga bermanfaat,..
0 comments:
Posting Komentar