Subscribe:
Selamat Datang di blog:"information_tech
selamat datang di blog saya. blog yang elit

Labels

Kamis, 22 Maret 2012

Bubut Noken AS Motor

cara yang biasa dilakukan agar  motor kenceng,atau bisa dibilang  menambah performa motor, adalah; dengan melakukan papas noken as atau bubut noken as. Dengan merubah pola, sudut, & tinggi noken as maka fungsi buka–tutup klep intake dan exhaust bisa diatur supaya sesuai dengan waktu yang diinginkan. Maka lewat papasan atau bubut noken as ini, kita bisa mengubah performa motor secara signifikan.

Noken as atau camshaft memang salah satu rahasia korekan motor 4tak. Namun harus dipahami dulu dasar mesin dan filosofi nya mengapa sampai kita harus melakukan custom noken as dari sebuah mesin.

Noken as sebagai pengatur suplai bbm masuk ke ruang bakar, tentunya di ruang bakar akan kita jumpai istilah kompresi rasio, diameter piston, stroke, maen rpm brp dan diameter klep atau valve. Meng-custom noken as tidak asal main grinding sana sini. Berapa lift dan durasi sangat erat kaitannya dengan perbandingan kompresi, diameter piston, valve, porting serta perlu diperhatikan juga akan menggunakan karbu berventuri berapa. Tak lupa mesin ini nantinya bermain di sirkuit seperti apa.


Noken as memang bisa mendongkrak power motor jadi lebih hebat itu benar… Tapi mesti diketahui juga, ini jika mesin memang membutuhkan lebih. Namun apabila mesin ternyata sudah merasa cukup, lalu anda custom.. Maka yang terjadi bukannya peningkatan power, malahan penurunan power.

Satu lagi yang perlu juga kita lihat  adalah dampak pemakaian. Maksud dari dampak pemakaian disini adalah, noken as akan terkikis kisaran nol-koma sekian mili akibat pemakaian.

Keausan ini diperparah jika anda memakai per klep yg terlalu keras, dan kualitas oli yg buruk. Tapi selama kualitas oli baik dan per klep tidak terlalu keras (kecuali utk even drag ato race) maka, noken as tetap terjaga keawetannya.


HKU Racing saat ini sudah memproduksi noken as custom racing dan tersedia dalam 2 tipe. Yang pertama noken setengah matang, dimana profil noken masih super gemuk khusus buat mekanik yang ingin meracik sendiri. Produk kedua adalah noken as siap pake, dimana pemesan bisa langsung memasang ke motor garapannya. Untuk noken as tipe terakhir ini tentunya saya akan meminta data-data mesin terlebih dahulu, seperti diameter piston, diameter valve, stroke, dll.

Ok Bro-Bro semua. jadi, sekarang jangan terus horny ya... pengen bubut noken as kamu sebelum paham dan kenalin mesin terlebih dahulu. Kalo itu sudah dilakukan maka seberapa perlu anda meng-custom akan terlihat

2 komentar:

  1. Selengkapnya membahas tentang Noken As sepeda motor. Bisa kunjungi JAGO BENGKEL , bisa sambil belajar mengenal oprek mesin sepeda motor dan mobil.

    BalasHapus
  2. Thanks you for nice information.
    Please visit Service Motor

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

iklan

a

My Link...

information_tech

Daftar isi